05 Juni 2023

Macam-macam jenis Kerusakan HP yang kami tangani

Oleh: TOLERANT-SMARTPHONE

17 macam jenis kerusakan HP dan solusi nya


1.Masalah LCD

Kendala LCD / Layar HP kerusakan hp yang mendapat peringkat pertama dalam dunia Servis HP. Hal ini disebabkan terlalu besarnya layar HP namun kualitas frame yang begitu rendah sehingga mudah sekali lcd hp untuk pecah / retak.

Beberapa Indikator / gejala kerusakan ini ditandai dengan Pecah nya LCD, LCD Retak, LCD HP blank, LCD Tidak ada gambar, Layar LCD Gelap, Layar LCD Redup, Touchscrin tidak fungsi, Ghost Touch, touchscreen bisa di sentuh hanya Sebagian. Untuk jenis kerusakan servis hp masalah layer LCD ini biasanya makan biaya yang tidak murah. Biaya Servis hp nya tergantung dari harga sparepart HP nya sendiri, dan tergantung juga dari tingkat kesulitan dan resiko Servis hp layer lcd tersebut.

Dalam dunia service HP, masalah LCD HP tidak selalu ganti LCD HP. Ada beberapa kemungkinan dalam mengatasi masalah LCD HP ini. Diantaranya : Ganti LCD Fullset, Ganti LCD Saja, Ganti Touchscreen saja, Repair Soket, Ganti soket, Rehot jalur, Jumper jalur, Short komponen display,  IC Display bermasalah, Jalur Display bermasalah, dan lain sebagainya. 

Dalam Servis HP harus tetap menjalankan prosedur Analisa dan ukur sebelum eksekusi.


2. HP ter Password / Kunci / Pola / Akses / Email

Indikasi dari kerusakan HP ini di layer HP terhalang oleh gerbang akses masuk menu. Ada system keamanan tertentu yang bisa akses agar dapat masuk menu. Biasanya si pengguna memasang Pola/pattern lock, Fingerprint, Password, Face ID, dll. Permasalahan disini adalah bagaimana jika si pengguna tersebut lupa? Atau HP tersebut telah hilang dan di kunci oleh si pengguna HP nya.

Solusi cara Servis hp untuk mengatasi hal diatas adalah dengan melakukan Factory Reset. Ini adalah cara paling jitu setelah cara2 trik yg didapat di google tidak ada yang mempan. Factory reset bisa dilakukan dengan hard reset / menekan dengan beberapa tombol. Jika dengan hard reset masih gagal, maka disinilah peran teknisi hp. Cara Servis HP / perbaikan ponsel yang seperti ini biasanya menggunakan Box / Dongle atau dengan membeli akun.

3. Touchscreen Lemot / Lambat

Solusi Servis HP untuk masalah ini ada beberapa kemungkinan. Yang pertama dengan cara reflash / mereset factory HP tersebut, Cara selanjutnya jika cara pertama masih gagal yaitu mengganti touchscreen HP terebut. Namun untuk keduanya teteap membutuhkan Analisa yang akurat. Kesimpulannya penyakit jenis ini ada kemungkinan Software/Hardware yang bermasalah.

4. Tidak ada suara

Mendengarkan lagu atau suara telepon yang sering juga akan menambah waktu penggunaan speaker. Seihingga akan menurunkan fungsi. Bisa diganti dengan yang baru bila anda masih mengggunakannya secara aktif.

5. Kemasukan air

Kemasukan air / terkena cairan / Water Damage adalah salah satu penyebab yang sangat umum. Solusi darurat untuk masalah ini anda harus cepat2 mengeringkan nya. HP jangan dinyalakan terlebih dahulu. Usahakan sampai benar-benar kering. Jika HP dinyalakan dalam keadaan basah, maka akan terjadi banyak konsleting pada mesin / lcd hp tersebut. Dampak dari water damaged ini bisa menyebabkan HP mati total, hang, no signal, no display, dll. Kemungkinan nya banyak sekali, tergantung komponen apa yg konslet / korosi nya. Biaya Servis HP untuk kerusakan semacam ini sangat bervariatif tergantung apay g harus diganti, dan tergantung tingkat kesulitan.

6. Mati Total

Beberapa Penyebab hp mati total 

7. Suka restart

Restart adalah proses memulai ulang ponsel, dalam hal ini memulai ulang Ketika hp sedang menyala kemudian Kembali seperti menyalakan hp lagi. Istilah umum nya “nyala mati nyal mati sendiri”.

Penyebab HP restart banyak juga macam nya, Bisa dari tombol konslet, Bisa dari software os bermasalah, bisa juga dari Hardware atau sparepart HP atau komponen /ic yg bermasalah. Sebelum mengganti, harus melewati tahapan cek dan ricek / analisa dulu. 

8. Tidak bisa nge cas

HP bermasalah dari pengecasan untuk thn 2020 sd 2023 rata2 60% penyebabnya konektor charger.  40% lain nya disebabkan komponen charger yg bermasalah (IC dan komponen kecil lainnya)

Biaya Servis HP untuk masalah ini estimasi mulai Rp. 50.000 

9. Tidak Bisa Wi-fi

Untuk jenis kerusakan ini biasanya disebabkan komponen wi-fi yang bermasalah. Dan biasanya harus ganti ic wifi. Selain IC Wifi bisa juga disebabkan hal lain sebeprti jalur yg bermasalah, komponen kecil yg konslet, prosesor dan ic power bermasalah. Oleh karena itu tetap butuh Analisa dan ukur ukur.

10. Tidak ada sinyal

Tidak ada sinyal / tidak terdapat bar signal / Bar signal ada tapi tidak berfungsi. Diantara nya yg harus di cek : Imei, Baseband, Os, Antenna, komponen simcard, komponen sinya (RF, PA, Filter, dll pendukungnya)

11. Tidak Masuk menu

Dalam keadaan ini HP masih tetap nyala hanya saja berdiam diri di posisi LOGO start up. Kata lain instilah ini ada yg bilang hang logo. Proses pertama kali biasanya teknisi langsung eksekusi dengan melakukan service hp dengan cara re Flash. Memasukan Kembali OS yg kompatibel.  Proses flashing biasanya data akan habis. Jika sudah dilakukakn proses flashing, namun tidak terjadi perubahan, maka biasanya penyakit berlanjut ke hardware. Cek dan ricek lagi soal hardware. 

12. Tiba-tiba mati

Dalam kondisi ini, posisi HP sedang standby kemudian mati secara tiba tiba. Hal yg biasa pertama di cek adalah dari battery. Apakah konektor terpasang dengan baik atau tidak. Selanjut nya mengecek jalur battery, jalur2 tegangan kerja.


13. Muncul iklan terus

Kasus ini disebabkan oleh pemakai yang sembarangan install aplikasi. Solusi nya dengan meng uninstall aplikasi tersebut atau juga dengan cara reset to factory.

14. Aplikasi berhenti

Sama dengan diatas, Kasus ini disebabkan oleh pemakai yang sembarangan install aplikasi. Solusi nya dengan meng uninstall aplikasi tersebut atau juga dengan cara reset to factory. Atau cara ampuh nya dengan melakukan flashing ulang. 



15. IC Bermasalah

IC kepanjangan dari Integrated Circuit / Komponen yg ber integrasi / kumpulan komponen komponen yang menjadi satu. Ini sangat vital dalam hal service hp. Jika IC bermalsalah (konslet, retak/pecah/ lepas jalur/using) maka akan dampak beberapa kerusakan2 yg terjadi. Kerusakan tergantung dari ic apa yg bermasalah. IC HP yang bermasalah bisa di servis dengan cara diganti, di rehot ataupun di reball.

16. Kamera Tidak jalan / Blur

Beberapa part yang harus di cek selain softaware adalah modul kamera itu sendiri, tegangan kamera, penjaluran, soket kamera. 

17. Ghost Touch

Ghost touch adalah gangguan pada layer sentuh hp, sehingga touchscreen hp berjalan dengan sendirinya. Solusi biasnya dengan mengganti touchscreen/lcd fullset. 



Dari semua contoh jenis kerusakan diatas, tentunya dengan tingkat kerumitan / kesulitan yang berbeda, sering kali solusi dan penyelesaian nya pun berbeda. Tergantung dari skill teknisi service hp yg bersangkutan. Untuk masalah Biaya juga tergantung jenis kerusakan dan tingkat kesulitan nya.


Beberapa Jenis Servis HP SOFTWARE

Beberapa Jenis Servis HP HARDWARE

Biaya Jasa Servis HP

Promo Jasa Servis HP bulan ini klik link ini



Pengunjung dengan menggunakan keyword dan hashtag :

Servis HP dibandung yg recomended berkualitas murah dan bisa ditunggu, Servis hp bandung password, Servis hp bandung ganti lcd, Servis hp bandung reset, Servis hp bandung reset password, Servis hp Bandung ganti touch, Servis hp Bandung ganti spiker, Service hp Bandung ganti kaca lcd, Servis hp Bandung email lupa, Servis hp Bandung kena air, Servis hp Bandung bekas jatuh, Servis hp Bandung ganti touchscreen, Servis hp Bandung nge hang, Servis hp Bandung restart, Servis hp Bandung buka kunci, Servis hp Bandung icloud lupa, Servis hp Bandung lupa kunci, Servis hp Bandung alat yang lengkap, Servis hp Bandung selatan, Servis hp Bandung tidak bisa ngecas, Servis hp Bandung mati total, Servis hp Bandung lcd bercak hitam, Servis hp Bandung lcd kedip kedip, Servis hp Bandung tidak ada sinyal, Servis hp Bandung layar tidak jelas,Servis hp Bandung bluetooth mati, Servis hp Bandung tidak bisa wi-fi, Servis hp Bandung suara tidak ada, Servis hp Bandung nge lag, Servis hp Bandung lcd bergaris, Servis hp Bandung lcd pecah, Servis hp Bandung baterai tidak ngisi, Servis hp Bandung hang logo, Servis hp Bandung tidak masuk menu, Servis hp Bandung tiba-tiba mati, Servis hp Bandung memori penuh, Servis hp Bandung muncul iklan, Servis hp Bandung aplikasi berhenti, Servis hp Bandung tidak bisa di charger, Servis hp Bandung hp terasa panas,Servis hp Bandung kemasukan air, Servis hp Bandung hp suka macet, Servis hp Bandung ganti IC, Servis hp Bandung ganti emmc,Servis hp Bandung tombol hilang, Servis hp Bandung FRP, Servis hp Bandung ganti konektor charger, Servis hp Bandung ganti tombol power, Servis hp Bandung ganti ic power, Servis hp Bandung ganti ic audio, Servis hp Bandung ganti ic cpu, Servis hp Bandung kamera buram, Servis hp Bandung kamera tidak jalan, Servis hp Bandung layar bergerak sendiri, Servis hp Bandung ghost touch, Servis hp Bandung dead pixel, Servis hp Bandung tidak bisa internet, Servis hp Bandung sinyal 4g, Servis hp Bandung google play berhenti, Servis hp Bandung Selatan, Servis hp Bandung terbaik, Servis hp Bandung Bisa ditunggu, Servis hp terdekat bisa ditunggu, Servis hp bandung terdekat, Servis hp bec bandung, Servis hp Bandung pusat, Servis hp Bandung Sayati, Servis hp Bandung Sukamenak, Servis hp Bandung Katapang, Servis hp Bandung Soreang, Servis hp Bandung Ciwidey, Service hp Bandung Cipatik, Servis hp Bandung Cililin, tempat Servis hp di bandung yang bagus





Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar