16 April 2017

Alat - Alat Service Handphone

Oleh: TOLERANT-SMARTPHONE

img-1492354737.jpg


Alat Service Handphone terdiri dari beberapa macam.
Seorang teknisi yang mahir ataupun yang amatir sekalipun pasti ingin melengkapi peralatan teknisi handphone. Alat service Handphone ( HP ) tidaklah sedikit jumlahnya. Alat service handphone juga terbagi dari 2 macam. Yaitu Alat service handphone hardware dan Alat service handphone software.  Berikut Macam - macam alat service HP beserta kegunaan nya.

ALAT SERVICE HANDPHONE MENYANGKUT HARDWARE
- Blower / Hot Air / Solder Uap
Blower / Hot Air / Solder Uap adalah sebuah perangkat elektronik yang mengeluarkan angin panas dengan suhu tertentu.  Blower / Hot Air / Solder Uap  berfungsi sebagai melelehkan timah yang ada di seputaran komponen seperti IC sehingga mudah untuk melakukan pengangkatan atau pergantian IC. Blower / Hot Air / Solder Uap banyak sekali terdapat dipasaran. Harga Blower / Hot Air / Solder Uap sangat lah relatif. dari yang harga murah sampai harga yang selangit pun ada. Tentunya kualitas menentukan harga. 
Blower / Hot Air / Solder Uap yang sering digunakan adalah merk Yihua 858D, Future 858D, Quick 857D, Quick 2008
- Solder 
Solder biasanya digunakan untuk menjumper / menyambung kembali jalur yang putus. Solder biasa juga digunakan untuk melepas komponen yang kecil kecil yang tidak memerlukan Blower untuk melepasnya. Solder yang biasa digunakan teknisi handphone android adalah solder emmc. Solder emmc adalah solder dengan panas tertentu yang bisa diatur suhunya. Solder emmc ini juga bisa dipakai untuk menyolder komponen lainnya sebagai mana nya mestinya fungsi solder.
- Timah
Timah juga termasuk komponen penting alat service handphone. Timah dalam dunia teknisi handphone ada beberapa macam. Timah gulung, Timah Cair, Timah bola, Timah gunung, Tergantung kebutuhan. 
- Kawat / Kabel Jumper
Kabel jumper adalah tembaga serabut yang dilapisi isolator agar tidak terjadi konslet. Kawat Jumper atau Kabel Jumper berfungsi sebagai penyambung jalur yang terputus. Men Jumper Satu titik ke titik lainnya harus lah anda mengetahui dari skema HP / Elektronik tersebut.
- Flux
Flux adalah cairan untuk memudahkan penyolderan / pemasangan IC. Flux yang baik adalah fluk yang tidak mengandung air, sehingga baik untuk komponen mengaliri arus. Flux yang biasanya digunakan adalah merk Amtech. Fluk Amtech original sangatlah baik untuk penyolderan IC / Komponen lainnya. 
- Obeng Handphone
Obeng adalah perangkat penting dalam dunia handphone. Obeng Handphone berfungsi sebagaimana anda ketahui yaitu untuk melepas baut baut yang terdapat pada handphone / mesin handphone sehingga anda dapat membongkar handphone secara keseluruhan.
- Alat pencongkel Handphone
Alat pencongkel handphone bisa juga disebut alat pencongkel touchscreen / lcd. Alat pencongkel handphone banyak macam nya. Ada yang besar, kecil, pipih, tebal, terbuat dari plasti, besi dan lain lain.
- Lampu Service / Magnifing Lamp
Lampu service Handphone adalah lampu yang biasanya digunakan oleh pelajar alias lampu belajar, hanya saja lampu service handphone lebih spesifik. Lampu Service handphone juga bnyak yang terdapat kaca pembesar didalamnya. Lampu Service + kaca pembesar lah yang serig digunakan oleh sebagian besar teknisi handphone.
- Karpet Anti Panas / Alas Anti panas
Adalah sebuah karet / silikon anti panas sebagai alas meja servis agar meja servis anda tidak mudah rusak terkena panasnya blower / hot air / solder uap.
- PCB Holder / Penjepit PCB
Penjepit PCB / PCB Holder fungsinya untuk menjepit PCB supaya tidak goyang sehingga anda mudah untuk melakukan eksekusi terhadap PCB HP tersebut.
- LEM / Selotip / Double Tape
Berfungsi sebagai perekat sesuatu. Yang biasanya dipake adalah untuk mengelem touchscreen / LCD, merekatkan casing dan sebagainya.
- AVOMETER / MULTIMETER / MULTITESTER
AVOMETER / MULTIMETER MULTITESTER adalah sebuah alat pengukur arus, tegangan dan hambatan. AVOMETER / MULTIMETER MULTITESTER terdiri dari beberapa. AVOMETER / MULTIMETER MULTITESTER digital dan AVOMETER / MULTIMETER MULTITESTER analog
- Kaca Pembesar
Kaca Pembesar adalah sebuah alat penting yang digunakan teknisi handphone untuk melihat komponen / jalur / benda benda kecil yang lainnya sehingga mudah dan kelihatan jelas. Kaca Pembesar juga terdiri dari beberapa macamKaca Pembesar analog dan digitalKaca Pembesar berukuran kecil pun sangat membantu dalam dunia handphone. Bagi anda yg bermodal pas sangat lah cocok memakai Kaca Pembesar mini. harga nya sangatlah relatif murah namun fungsional.
- Pembuka LCD / LCD Separator
Berfungsi sebagai melepaskan lapisan lapisan yang terdapat pada LCD atau Touchscreen.
- Tang Potong
Tang potong disini biasanya berukuran kecil. Berfungsi sebagai pemotong kaleng kaleng yang terdapat pada PCB handphone. Sebagai pengganti tang potong, anda bisa menggunakan gunting kuku. Namun kekuatan gunting kuku lebih mudah patah. 
- Power Supply
Power Supply adalah sebuah perangkat elektronik yang berfungsi penyuplai arus / tegangan. Power Supply dalam dunia handphone adalah sebagai pengganti battery, sebagai injector tegangan, sebagai charger juga, sebagai penghancur short. Power Supply dibagi beberapa macam sesui kebutuhan. Ada power supply biasa, Power supply Penghancur short.
- Frequency Counter
FRequency Counter berfungsi sebagai penghitung frekuensi suatu komponen atau perangkat lainnya. 
- Desktop
Desktop adalah sebuah alat injector tegangan langsung ke battery. Desktop juga disebut sebagai activation battery.
- PLAT BGA / Cetakan IC
Plat BGA berfungsi untuk mencetak kembali IC yang sudah hilang timahnya. Istilah beken nya adalah reball / cetak ulang.
- Bor
Bor disini biasanya digunakan untuk menghancurkan IC / Melepas IC tanpa terkena Blower. Biasanya Bor yang digunakan Bor eMMC / Bor USB / Bor Mini / Bor Besar. Bor emmc yang sering digunakan banyak terdapat dipasaran. 
- Silver Conductive
Silver Conductive adalah berfungsi sebagai penyambung jalur. Fungsi nya sama dengan kabel jumper, namun silver conductive langsung menempel pada PCB.
- Green Oil
Green Oil adalah sebagai pengecat PCB agar tidak short dengan komponen lainnya
- DAN LAIN LAIN

Untuk Alat Service Handphone yang menyangkut Software bisa dilihat dihalaman berikutnya.
Silahkan Anda Order Alat service Handphone di link ini atau anda bisa Order via Japri di WA 0818105800 atau BBM pin:2B114123


Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar